ASPERINDO Jawa Tengah Kritik Masuknya Garuda Indonesia dan Lion Group di Bisnis Kurir

SEMARANG [ELogistik.id]—Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Jawa Tengah memprotes keras langkah Garuda Indonesia Group dan Lion Air Group yang sudah merambah bisnis jasa kurir. Hal ini berdampak buruk terhadap keberadaan industri jasa pengiriman yang sudah ada.

Ketua ASPERINDO Jawa Tengah Tony Winarno menegaskan maskapai sebagai penyedia ruang kargo seharusnya tidak turut bermain di sektor jasa pengiriman ekspres. Semestinya maskapai penerbangan milik BUMN itu fokus pada bisnis layanan transportasi udara, bukan malah masuk ke bisnis jasa pengiriman.

“Ini akan menjadi awal kehancuran bagi bisnis jasa kurir yang dimiliki swasta.  Mereka mestinya fokus pada perbaikan layanan penumpang, bukan turut bermain ke bisnis logistik,” terang Tony kepada ELogistik.id, Senin (16/9/2019).

Menurut dia, pemain kurir lainnya bakal kalah jika bersaing dengan anak usaha maskapai berpelat merah. Terlebih maskapai penerbangan itu memiliki armada tersendiri di bisnis kurir tersebut, sementara bisnis kurir lainnya tidak memiliki armada.

Sebagai contoh, Lion Air Group yang membesarkan Lion parcel. Lion Air Group membawahi maskapai Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Thai Lion, serta Batik Air.

Hal serupa dilakukan oleh maskapai pelat merah Garuda Indonesia yang turut bermain di sektor pengiriman ekspres dengan produk Cargo Service Center (CSC) yang memiliki produk Go Express.

Layanan ini memberikan pengiriman langsung door to door domestik seperti yang dilakukan oleh Lion Parcel.

Kedua maskapai yakni Garuda Indonesia Group serta Lion Air Group merupakan dua maskapai dengan armada terbesar dan melayani rute terbanyak di Indonesia.

Lion Air memang tengah serius menggarap pasar kargo. Sayap bisnis ini digadang-gadang menjadi penopang keuangan perseroan di tengah musim sepi penumpang. (red)

126
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *