Kawasan Industri Halal Akan Didirikan di Banten


JAKARTA [ELogistik.id]–Pemerintah akan mendirikan kawasan industri halal. Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito menjelaskan kawasan industri halal ini terbentuk dari beberapa kawasan industri yang sudah berjalan dan membuat cluster.
Ignatius menyebutkan salah satu daerah yang menurutnya telah siap dijadikan kawasan khusus industri halal ini adalah Modern Cikande Industrial Estate, di Serang, Banten. Selebihnya ada beberapa kawasan yang menurutnya sedang diusulkan untuk menjadi cluster khusus industri halal.
“Rencananya akan jadi kawasan besar, itu (Modern Cikande) jadi hub-nya malah. Selain itu ada Pulo Gadung, Batam, Bintan, di Jatim (Jawa Timur) juga ada mengusulkan juga,” terang Ignatius saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/4/2019).
Ignatius menjelaskan proses pengkajian kawasan industri halal sudah berlangsung beberapa tahun terakhir, dan penerapan kawasan tersebut menunggu berlakunya aturan tentang produk halal.
“Itu sudah dua tiga tahun lalu kita kaji (kawasan khusus industri halal), tinggal penetapan regulasinya. Kita kan lagi tunggu PP undang-undang produk halal itu yg di Kemenag (Kementerian Agama), katanya Oktober 2019 kan berlaku, nah baru kita dorong kawasannya,” ungkap Ignatius.

8
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *