Pemkot Cirebon Sambut Positif Rakerwil V ASPERINDO Jabar

CIREBON [ELogistik.id]— Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, menyambut baik Rakerwil V DPW Asperindo Jabar. Pemda Kota Cirebon sangat mendukung bisnis distribusi dan logistik di Kota Cirebon.

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Jawa Barat menggelar Rapat kerja wilayah (Rakerwil) V di Hotel Prima, Kota Cirebon, Sabtu (26/1/2019).

Dikatakan Wawali Eti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mencanangkan Kota Cirebon sebagai pintu gerbang destinasi wisata dan budaya Jawa Barat. Kota Cirebon juga termasuk daerah strategis dalam Pusat Kegiatan Nasional (PKN) bagian Timur Jabar.

“Untuk itu, penting dilakukan penguatan sinergi antarperusahaan ekspedisi dengan pemerintah agar terjadi kerja sama yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Rakerwil tersebut dibuka Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati dan Ketua Umum Asperindo Mohamad Feriadi.

Ketua DPW Asperindo Jawa Barat, Wayan Wardhana, menjelaskan, Asperindo adalah asosiasi yang menaungi perusahaan jasa pengiriman ekspres yang beroperasi di Jawa Barat.

“Sejalan dengan ketentuan AD/ART, organisasi wajib menyelenggarakan Rapat kerja wilayah (Rakerwil) jelang digulirkannya Rapat kerja nasional (Rakernas) oleh DPP Asperindo di Jakarta,” katanya.

Selain itu, lanjut Wayan, Rakerwil juga sebagai ajang silaturahmi dan rekomendasi sebelum dilaksanakan Musyawarah wilayah (Muswil) Asperindo Jabar pada tahun 2020.

Rakerwil V Asperindo Jabar dilaksanakan di Kota Cirebon dengan berbagai landasan. Di antaranya telah terbentuk Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asperindo Ciayumajakuning yang membawahi Cirebon, lndramayu, Majalengka dan Kuningan yang kesekretariatnya berada di kota Cirebon.

Selain itu, telah dibukanya Bandara Kertajari dan segera dibuka jalan tol Cisumdawu sebagai akses utama transportasi daerah di Jabar.

“Dengan dibukanya Bandar Kertajati dan Tol Cisumdawu, maka diperkirakan distribusi barang semakin cepat. Selain itu, akan terjadi pergerakan ekonoml secara signifikan, khususnya di Ciayumajakuning dan sekitarnya,” terang Wayan.

Ia melanjutkan, program kerja yang hendak dicapai dalam Rakerwil V itu antara lain; pertama, kemandirian DPD Asperindo Ciayumajakuning dan DPD Asperindo Priangan Timur yang baru terbentuk.

“Terlebih adanya pengembangan program kerja DPD Asperindo Sukabumi Cianjur (Suci) sebagai kepanjangan tangan DPW Asperindo Jabar,” ucap Wayan.

Kedua, adanya program kerja jangka pendek dan jangka panjang yang dapat dilakukan DPW Asperindo Jabar untuk keberlanjutan asosiasi yang berdampak nyata bagi kelangsungan industri jasa pengiriman dan perposan.

Sedangkan program kerja ketiga Rakerwil V itu berkaitan dengan gejolak kenaikan tarif SMU oleh sejumlah maskapai.

Wayan menambahkan, terkait kenaikan tarif SMU, diharapkan ada jalan keluar yang saling menguntungkan bagi semua pihak. Dengan demikian, program pemerintah untuk menurunkan di Indonesia dan Jabar pada khususnya dapat terwujud.

“Diharapkan ada simbiosis mutualisme di antara semua pihak yang terlibat dalam pendistribusian barang dan logistik, khususnya di Jabar,” ujarnya. (Hamdi/red).

6
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *