Perihal Terminal Kargo Bandara Semarang, Presiden Jokowi Harus Turun Tangan

SEMARANG [ELogistik.id]—Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Jawa Tengah mendesak Pemerintah Presiden Joko Widodo untuk segera mengambil alih dan memberikan solusi terhadap Terminal Kargo Bandara Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah untuk segera dioperasionalkan.

Ketua ASPERINDO Jateng Tony Winarno menjelaskan desakan itu mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan, namun proses pembangunan terminal kargo di lokasi itu belum selesai. Di samping itu, keberadaan shelter kargo juga tidak mumpuni untuk menampung barang kiriman dari pengguna jasa.

“Presiden Joko Widodo harus turun tangan mengatasi persoalan Terminal Kargo Bandara Ahmad Yani Semarang, apalagi sekarang sudah musim hujan,” paparnya kepada ELogistik.id, Minggu (23/12/2018).

Pihaknya juga mengingingkan pengelola bandara untuk memperhatikan pengguna jasa sehingga tidak sewenang-wenang dalam pelayanan. Karena sudah ada minimum omset bruto dari Ekspedisi Muatan Pesawat Udara. Bila tidak tercapai omset, akan tetap konsesi yang dibayar tetap flat. Tetapi apabila omset naik, pendapatan akan bertambah bagi terminal kargo.

“Inilah tindakan sewenang-wenang yang terjadi di negeri ini,” paparnya.

Tony meminta Pemerintahan Presiden Jokowi atas kenaikan tarif Surat Muatan Udara (SMU), yang selama 3 bulan ini naik 90%.

“Dengan solusi apakah bisa memberikan pesawat kargo yang menerbangi ke seluruh Indonesia. Sehingga program dari Presiden Jokowi terkait biaya logistik bisa ditekan dan program itu bisa terlaksana. Sudah seharusnya Jokowi, aware terhadap ini,” ujar dia.

Tahun lalu, kata dia, bahwa pertumbuhan daya beli masyarakat saat ini beralih ke online, dengan indikasi dari industri jasa  pengiriman yang bertumbuh 130% over last year.

“Maka dari itu, sudah sepantasnyalah memperhatikan keluhan dari kita atas dua masalah tersebut.

Karena hal itu sangat menggangu dan menghambat , kenaikan biaya logistik tentu akan memperlambat laju pengiriman. Apa yang disampaikan melalui daya beli berpengaruh secara horisontal. Atau berbanding lurus. Kalau e-commerce menurun, maka daya beli pasti turun.

Anggota DPR RI Yayuk Basuki melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Minggu (23/12/2018) sore. Sidak dilaksanakan dalam rangka mengecek sejauh mana pembangunan Terminal Kargo Bandara Ahmad Yani Semarang. (Hamdi/red)

39
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *