Menteri BUMN Optimistis Jalan Tol Trans Sumatera Pangkas Biaya Logistik

LAMPUNG [ELogistik.id]—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, optimistis pembangunan jalan tol Trans Sumatera dapat mendorong pengembangan kawasan dan peningkatan roda perekonomian di Pulau Sumatera.

Pembangunan jalan tol itu mulai dari Bakauheni hingga Palembang. Dengan demikian, akan memangkas biaya logistik.

Rini mengatakan, keberadaan jalan Tol Trans Sumatera dapat memberikan dampak positif bagi transportasi dan mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera, sebab jalan tol ini membuat akses logistik menjadi lebih efisien.

“Adanya Tol Trans Sumatera ini akan membantu menurunkan biaya logistik sehingga berbagai produk unggulan serta hasil bumi dan sumber daya dapat terdistribusi dengan baik dengan waktu yang cepat disertai biaya terjangkau,” kata Rini dalam keterangannya yang dikutip dari supply chain Indonesia, Kamis (30/8/2018).

Rini menjelaskan, dengan dioperasikannya ruas-ruas Tol Trans Sumatera nantinya, dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar jalan tol. Tak hanya itu, sentra-sentra ekonomi baru juga akan tercipta melalui program pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada setiap rest area sepanjang jalan tol.

“Sebagaimana yang kami sedang lakukan di Tol Trans Jawa, nantinya Rest Area di ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera juga sebagian besar akan diperuntukkan bagi UKM lokal sekitar ruas tol tersebut. Ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing produk-produk unggulan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar ruas tol,” ujar Rini. (Dhani/red)

63
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *