CKB Logistics Dukung Efisiensi Pelaku Bisnis Lokal

JAKARTA [ELogistik.id]—Anak usaha PT ABM Investama, Tbk yakni PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) mendukung efisiensi para pelaku usaha lokal dengan menghadirkan pusat logistik berikat (PLB) di Indonesia.

Direktur Utama CKB Logistics, Iman Sjafei mengatakan, keberadaan PLB membuat pengusaha Indonesia tak lagi perlu menyewa gudang di luar negeri untuk penyimpanan sementara barang yang masuk di pelabuhan. “Karena kalau harus sewa yard lagi di Singapura kan jelas mahal,” kata Iman di Jakarta Jumat (24/8/2018).

Sebelum PLB beroperasi, Iman menceritakan, banyak pengusaha yang mesti menyewa gudang untuk menyimpan barang selama proses kepabeanan dalam proses. Untuk tujuan Indonesia, sebagian besar pengusaha menyimpan barang nya di Singapura sampai proses administrasi selesai dan barang bisa masuk ke Indonesia.

Namun, sejak Presiden Joko Widodo meresmikan PLB pada 2016, pebisnis Indonesia bisa menyimpan barangnya di dalam negeri. Iman mengatakan, terobosan melalui program PLB tersebut mampu mengurangi biaya yang mesti dikeluarkan. Contoh nya saja pemindahan alat berat yang disimpan di Singapura untuk pemakaian di Indonesia membutuhkan biaya sampai jutaan dolar. Dengan menyimpan barangnya di Indonesia yang memang mengonsumsi nya berarti biaya itu tidak lagi dibutuhkan. “Berarti kan pengusaha bisa saving sangat banyak,” jelasnya.

Dia kembali menjelaskan, pengusaha tidak mesti membayar langsung seluruh pajak impor dan bea masuk jika menyimpan barangnya di PLB milik CKB Logistics. Para pengusaha itu hanya perlu membayar bea masuk dan pajak impor sesuai dengan barang yang telah ke luar dari PLB. “Kalau harus bayar pajak duluan kan lumayan karena belum ada penjualan tapi sudah disuruh bayar pajak dan (kalau memanfaatkan PLB) ini bisa dicicil sesuai jumlah barang yang mau dikeluarkan. Efisiensi yang dihasilkan baik secara fiskal, secara tax, dan secara operasional cukup signifikan,” kata Iman.

Sebagai pemegang lisensi pengelolaan PLB di beberapa lokasi yakni Cakung dan Marunda di Jakarta, Karawang, Osowilangun, dan Margomulyo di Surabaya, Somber Balikpapan, dan Sorong Papua Barat. Iman mengatakan, sistem pengawasan barang di PLB yang dikelola CKB Logistics terkoneksi langsung dengan pihak Bea Cukai. Hal itu menjamin pengelolaan barang sehingga aspek transparansi bisnis tetap terjaga melalui teknologi yang di gunakan. Bahkan, model pengelolaan CKB Logistics ini men jadi model pengelolaan PLB di Indonesia. Iman menuturkan, perusahaan juga akan terus mendukung penuh efisiensi bisnis bagi pengusaha lokal yang ingin mendatangkan barang ke Indonesia. (Dhani/red)

120
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *