Pos Indonesia dan Pelindo I Benchmarking Sistem IT Pelindo III

SURABAYA [ELogistik.id]— Pelindo III terus berinovasi seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang mana setiap perusahaan diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan kecanggihan teknologi dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Dalam mewujudkan hal itu, Pelindo III meluncurkan aplikasi Home Terminal yang menjadi terobosan baru bagi pengguna jasa pelabuhan untuk dapat memantau pergerakan kapal dan barangnya secara waktu-nyata (real time). Peluncuran aplikasi tersebut juga menjadi respon untuk menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) serta sebagai strategi meningkatkan bisnis.

Inovasi penggunaan aplikasi Home Terminal oleh Pelindo III tersebut nampaknya disambut baik oleh Pelindo I.

Pekan lalu, perwakilan bagian ICT dan SDM Pelindo 1 hadir di ruang rapat Kalimutu Pelindo III, untuk berdialog langsung dengan Agus Dharmawan selaku SPV of Information and Communication Techonology Pelindo III.

Melalui kegiatan sharing session tersebutPelindo III memberikan gambaran terkait perubahan manajemen dan pengelolaan IT yakni adanya sistem kerja yang tersentralisasi. Sistem terpusat yang dimaksud ialah penggunaan aplikasi dan sistem yang sama di seluruh cabang Pelindo III. Hasilnya kantor pusat Pelindo III dapat memantau kegiatan cabang perusahaan secara berkala. “Di sini (Pelindo III) awalnya tentu terdapat pro dan kontra dari karyawan, tapi kami terus lakukan diskusi dengan direksi, kami beri penjelasan kepada karyawan, bahwa inovasi menggunakan teknologi ini akan menjadikan kinerja lebih efisien dan lebih baik,” paparnya dalam keterangan resmi yang dikutip ELogistik, Kamis (8/2/2018).

Sementara itu, Basuki, salah satu perwakilan bagian IT Pelindo 1 mengatakan bahwa sinergi antara Pelindo 1 dan Pelindo III seperti ini akan berdampak baik ke depan. Hal tersebut dikarenakan wilayah tanggung jawab yang dimiliki sama-sama berkaitan tentang jasa kepelabuhanan. Basuki menyatakan bahwa jasa kepelabuhanan harus terus berinovasi untuk menjawab tantangan bisnis. “Kegiatan diskusi anatara Pelindo 1 dan Pelindo III seperti ini tentu sangat baik dilakukan. Melalui diskusi seperti ini, kami dapat mengetahui apa yang masih harus diperbaiki. Harapannya, sektor jasa kepelabuhanan di wilayah Pelindo 1 dapat terus berinovasi dan mendapatkan peningkatan dari segi bisnis,” katanya

Digitalisasi Pengelolaan Finansial

Selain peluncuran Home Terminal Pelindo III juga melakukan inovasi di bidang pengelolaan finansial. Pelindo III beserta seluruh cabang dan anak perusahaan menerapkan penggunaan SAP ERP S/4HANA untuk mencatat, melaporkan, ataupun perencanaan manajemen finansial secara berkala dengan sifat online. Inovasi Pelindo III tersebut juga dianggap menarik oleh PT Pos Indonesia. Pada Rabu (7/2) giliran PT Pos Indonesia juga melakukan sharing session untuk mendiskusikan lebih lanjut sistem pengelolaan finansial secara digital yang digunakan oleh Pelindo III.

Pada pemaparannya Agus mengungkapkan bahwa sebelum dilakukan transformasi teknologi, setiap cabang dan anak perusahaan Pelindo III memiliki aplikasi masing-masing yang hanya berlaku di lingkungan perusahaan tanpa terintegrasi dengan kantor pusat, Hal ini menyebabkan sulitnya fungsi pengawasan kantor pusat terhadap pengelolaan dana di cabang dan anak perusahaan Pelindo III. Maka, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukanlah digitalisasi pengelolaan finansial, sehingga memungkinkan cabang dan anak perusahaan lebih efisien dan mudah dalam melakukan pelaporan keuangan.

“Melalui digitalisasi sistem seperti ini, akan tercatat seluruh pemasukan, pengeluaran, ataupun progress pekerjaan yang dilakukan oleh cabang dan anak perusahaan. Hasilnya, kantor pusat dapat dengan mudah melakukan pengecekan sewaktu-waktu. Mengingat banyaknya jumlah cabang dan anak perusahaan, hal ini akan mengefisienkan langkah pengelolaan finansial Pelindo III,” tegasnya.

Sementara itu, dari PT Pos Indonesia, hadir sejumlah kurang lebih 10 perwakilan dari bidang keuangan, anggaran, master data, hingga helpdesk SAP. Yus Yudiswara, selaku Kepala Proyek Pengembangan Sistem Informasi Keuangan PT Pos Indonesia, menyatakan bahwa sebelumnya PT Pos Indonesia telah menggunakan sistem SAP yang sama, namun masih pada versi sebelumnya dan belum dimanfaatkan dengan maksimal.

“Kami menyadari, integrasi dan sentralisasi data keuangan itu penting sekali. Apalagi SAP ini berfungsi untuk mempercepat proses pelaporan keuangan kantor cabang tiap bulan. Harapannya PT Pos Indonesia dengan secepatnya dapat mengimplementasikan secara maksimal sistem tersebut, sehingga akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kinerja manajemen keuangan dan akuntansi Kantor Pos di seluruh Indonesia,” pungkasnya. [Gerardio/red]

132
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *