Dukung Dunia Usaha, KA Angkutan Barang Kian Dioptimalkan

SEMARANG[ELogistik.id]—Pengiriman barang di era yang berkembang pesat sangat berbanding lurus dengan kebutuhan terhadap layanan pengiriman barang atau jasa ekspedisi yang semakin dibutuhkan.

Jumlah peminat jasa pengiriman barang semakin meningkat setiap tahunnnya. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat itu sendiri yang dinamis dan selalu bertambah.

Kereta Api Angkutan Barang dianggap sebagai moda transportasi darat yang lebih efisien daripada kendaraan bermotor untuk pengangkutan barang.

Dengan kondisi itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) semakin mengoptimalkan layanan angkutan barang untuk mendukung dunia usaha.

Freight Marketing and Sales PT KAI Hari Sukoco mengatakan, angkutan barang KAI selama ini tak banyak dipilih oleh para pengusaha. Menurutnya, market share menggunakan kereta api barang masih relatif kecil.

Oleh karena itu, perseroan berupaya mengoptimalkan layanan angkutan barang untuk mendukung dunia usaha.

“Daya angkut kereta api lebih besar, cepat, terjadwal, bebas pungli, aman, dan antimacet. Dan kami yakin, pelaku usaha akan tertarik dengan hal ini,” paparnya, Selasa (23/5/2017).

Dia mengatakan jenis sarana kereta yang diperuntukkan untuk angkutan barang antara lain kereta bagasi yang digunakan untuk angkutan ritel. Selanjutnya, ada gerbong datar untuk peti kemas, semen serta angkutan baja koil.

Menurutnya, hampir semua komoditi bisa diangkut dengan angkutan barang KAI. Selain itu, fasilitas angkutan door to door service dapat disediakan oleh anak perusahaan PTKAI yaitu KA Logistik atau mitra angkutan barang KAI seperti PT Jatim Petroleum Transport.

Beragam upaya telah dilakukan untuk memaksimalkan layanan angkutan barang ini. Salah satunya, dengan dibukanyaTerminal Ronggowarsito di Semarang yang mulai beroperasi belum lama ini.

Upaya itu mendapat sambutan baik para pengusaha dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah (Jateng).

“Kadin Jateng menyambut baik langkah KAI yang berupaya mengembangkan layanan angkutan barang,” jelas Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Kadin Jateng, Hari Nuryanto. [Gerardio]

133
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *