Pentingkah Perusahaan Logistik Bersertifikasi ISO? Berikut Penjelasannya.

SEMARANG[Elogistik.id]—Bagi perusahaan yang ingin membangun sistem manajemen lebih baik, perlu mendapatkan pengakuan dari badan sertifikasi bertaraf internasional tak terkecuali bagi industri jasa pengiriman ekspres pos dan logistik di Indonesia.

Hal ini sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) karena menghasilkan banyak manfaat bagi bisnis seperti memenuhi kebutuhan pelanggan secara profesional, menarik pelanggan baru, mendapatkan pendapatan lebih, mempromosikan merek, meningkatkan prosedur perusahaan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Ada alasan mengapa pelanggan ingin melakukan bisnis hanya dengan perusahaan-perusahaan yang bersertifikat ISO. Jika perusahaan Anda ingin hubungan jangka panjang dengan pelanggan, harus mendapatkan perusahaan bersertifikat ISO. Jika pelanggan puas mereka tidak akan pergi ke tempat lain.

General Manager Parantapa Dhedy Riardi mengatakan alasan perusahaan jasa pengiriman dan logistik butuh ISO karena untuk meningkatkan mutu layanan, apalagi perusahaan itu ingin ber-partner dengan perusahaan luar negeri.

“Output dan input bisa konsisten dari hari ke hari. Membakukan sistem manajemen. Jadi layanan akan selalu konsisten dan terukur. Jika sudah ber-ISO, bila pimpinan dalam perusahaan ganti, sistem layanan tetap. Itulah keuntungan perusahaan yang ber-ISO,” paparnya, Kamis (20/4/2017).

Dia menerangkan sistem manajemen mutu atau kualitas dalam hal ini yakni ISO 9001. Diharapkan, produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Dhedy menjelaskan Parantapa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi sistem manajemen, strategi dan peningkatan manajemen. Dalam menjalankan bisnis dan usahanya, perusahaan fokus pada perkembangan bisnis pelanggan.

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik (Asperindo) Jawa Tengah Tony Winarno memaparkan perusahaan jasa pengiriman saat ini perlu ber-ISO di era keterbukaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Banyak perusahaan lokal yang belum ber-ISO. Padahal, manfaatnya sangat bagus untuk menyakinkan konsumen dan relasi dengan perusahaan asing. Biayanya juga tidak terlalu mahal untuk sertifikasi ISO,” ujarnya. (Indra).

503
Loading Likes...

Berita lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *